20 Tips Mudah dan Efektif Menghafal Sesuatu dalam Waktu yang tidak Terlalu Lama



Pucut - Mengingat suatu pelajaran yang telah disampaikan oleh guru atau dosen kita itu merupakan suatu hal yang bisa dibilang gampang-gampang susah, bahkan untuk sebagian orang mengingat(menghafal) pelajaran yang telah disampaikan oleh guru atau dosennya itu merupakan hal yang susah untuk dilakukan.

Bukan hanya itu, banyak orang yang berkeinginan untuk bisa menghafal sesuatu secara cepat dan bisa tahan lama(tidak mudah lupa)

misalnya saja kita ingin menghafal suatu puisi, naskah drama, materi pelajaran atau bahkan menghafal al-qur'an..

Namun banyak juga diantara kita yang tidak tau bagaimana caranya supaya kita bisa menghafal suatu hal tersebut dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama...

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengatasi masalah yang sedang Anda alami saat ini dengan memberikan solusi yang terbaik..

Apa saja solusinya?

Oke, silahkan Anda baca panduan berikut ini sampai akhir kemudian Anda terapkan dan silahkan Anda buktikan sendiri hasilnya..

Tapi, sebelum kita ke proses penghafalan, ada baiknya Anda perhatikan dulu hal-hal yang penting ini..


1. Kondisi Tubuh yang Segar(Prima)


Perlu diperhatikan oleh Anda yang akan menghafal sesuatu, kondisi tubuh yang segar akan membantu meningkatkan kecepatan menghafal Anda.

Jangan sekali-kali Anda menghafal ketika dalam keadaan yang kurang menyehatkan atau bahkan dalam kondisi sakit.

Mengapa demikian? karena ketika kita dalam keadaan sakit otomatis kekuatan tubuh kita akan berkurang, dan ini akan menyebabkan otak Anda menjadi lemah.

Jadi, saya sarankan kepada Anda agar tidak menghafal dalam keadaan sakit atau kurang menyehatkan.

Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa mendapatkan kondisi tubuh yang prima?

Untuk mendapatkan kondisi tubuh yang prima, maka salah satu caranya adalah dengan rajin berolahraga, usahakan Anda berolahraga itu setiap hari.

Jika Anda orangnya punya banyak kesibukkan, maka lakukan lah olahraga itu minimal seminggu sekali.

Ada banyak jenis olahraga di jaman sekarang ini yang tidak hanya bisa dilakukan diluar rumah atau diluar ruangan saja, Anda juga masih bisa berolahraga walaupun di dalam ruangan.

misalnya dengan push up, sit up, back up dan masih banyak lagi olahraga lain yang sejenis, jadi dengan berolahraga seperti ini, maka Anda bisa mendapatkan kondisi tubuh yang prima walaupun Anda tidak pergi keluar rumah.

2. Konsumsi makanan bergizi

Makanan yang bergizi disini merupakan makanan yang baik untuk otak khususnya untuk menambah daya ingat Anda.

Di dunia ini, ada banyak jenis makanan yang baik untuk otak Anda, mulai dari jenis buah-buahan, sayur mayur, hingga dari jenis binatang sekali pun.

Berikut ini saya berikan beberapa makanan yang memiliki beberapa kandungan yang baik untuk otak Anda :

  • Ikan salmon : ikan salmon ini memiliki kandungan yang tidak banyak dimiliki oleh jenis ikan lainnya yaitu Omega 3 yang tinggi. nah Omega 3 inilah yang mampu meningkatkan ingatan dan memori otak Anda.
  • Pisang : mungkin Anda meremehkan buah yang satu ini, tapi tau kah Anda jika buah ini mampu meningkatkan ingatan pada otak Anda?... buah pisang ini memiliki kandungan kalium dan magnesium yang berfungsi untuk mentransmisi saraf dan otak Anda.
  • Bayam : Bayam ini memiliki kandungan kalium dan folat yang bisa jadi sumber antioksidan. Nah bayam ini akan mendukung kerja sistem syaraf yang mana sistem syaraf ini penting untuk membuat daya ingat terus bekerja dengan baik.
Nah, bagi Anda yang kesulitan untuk mengonsumsi ikan salmon, dan bisa mngonsumsi telur ayam yang memiliki kandungan yang namanya kolin, yang mana kolin ini bisa membantu perkembangan daya ingat atau memori Anda.

Alternatif lainnya adalah dengan mengonsumsi ikan sarden.

3. Menciptakan tidur yang berkualitas



Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan tidur "nyenyak", namun nyenyak disini bukan berarti Anda harus tidur seharian penuh, 

bukan seperti itu...

jika Anda melakukanya, bukannya tubuh Anda semakin baik malah nantinya tubuh Anda akan menjadi sakit..

Tidur nyenyak disini berarti tidur Anda haruslah cukup(7-8 jam/hari), jangan biasakan bangun tidur Anda itu "sebangunnya" diri Anda.

Jadi intinya tidurlah yang cukup, tidak kurang tidak lebih..

Sehingga, jika nanti tidur Anda berkualitas(nyenyak dan cukup) maka daya ingat Anda pun akan meningkat nantinya, kenapa demikian? karena otak Anda itu mendapatkan jatah istirahatnya yang cukup. 

Anda tau sendirikan, bagaimana nantinya jika otak Anda tidak mendapat jatah istirahatnya?

ya, Anda akan stress dan akhirnya Anda mengalami insomnia.

4. Waktu dan tempat menghafal

Menentukan waktu dan tempat sebelum menghafal merupakan suatu hal yang wajib Anda lakukan untuk mendapatkan kualitas hafalan yang baik.

Untuk menentukan waktu penghafalan, ada baiknya Anda memilih waktu kosong/luang yang Anda miliki.

Pengalaman dari saya pribadi, ketika saya menghafal sesuatu maka saya menghafalnya di tiga waktu yaitu, setelah shalat subuh(pagi hari), setelah shalat maghrib dan diwaktu luang(kalo saya lebih banyak waktu luang di malam hari/ba'da isya) dan terbukti saya bisa menghafalnya dalam waktu yang bisa dibilang singkat.

Nah, untuk tempat menghafalnya, silahkan Anda cari tempat yang benar-benar membuat Anda nyaman dan bisa berkonsentrasi tinggi,

misalnya, di kamar pribadi Anda..

saran saya jangan menghafal ditempat umum atau keramaian, kenapa? karena ketika Anda berada di keramaian, bukannya Anda fokus ke hafalan tersebut, Anda malah fokus ke lingkungan sekitar Anda.

Saya pribadi lebih memilih kamar pribadi saya untuk menghafal sesuatu..


Nah setelah Anda mengetahui dan memahami hal-hal penting sebelum memulai menghafal, sekarang Anda akan mempelajari proses menghafalnya secara bertahap..

Oke next bacanya..

Nb : nomor urutnya tetep lanjut ya

5. Berkonsentrasi dan Fokus

Meningkatkan konsentrasi dan fokus dapat membantu Anda dalam menghafal sesuatu dengan lebih baik, lebih cepat dan lebih kuat lagi hafalan tersebut.

Agar bisa konsentrasi, maka sebelum menghafal hilangkan dulu semua masalah atau urusan lain yang berada di pikiran Anda..

misalnya, ketika Anda selesai menonton sebuah film, biasanya pikiran Anda akan membayangkan tentang film yang baru Anda tonton itu..

Nah, pikiran semacam itulah yang perlu Anda hilangkan..

Saya punya beberapa tips untuk Anda, agar Anda bisa berkonsentrasi sebelum menghafal..
  • Pertama, rilexkan tubuh Anda dengan meminum secangkir teh, kopi atau minuman lainya yang bisa membuat Anda merasa lega, fresh dan pikiran Anda pun akan tenang.
  • Kedua, lancarkan aliran oksigen ke otak, Anda bisa melakukannya dengan aktivitas yang ringan sampai sedang, misalnya melakukan yoga, melakukan meditasi atau yang lainnya.
Jadi sebelum Anda benar-benar menghafal, maka berkonsentrasi dan fokuslah terhadap apa yang Anda hafalkan..

jangan sampai proses penghafalan Anda terganggu karena Anda tidak berkonsentrasi dan fokus.

6. Bergerak ketika menghafal

Paham maksudnya?

Jadi bergerak disini bukan berarti Anda harus pergi berjalan kaki sambil menghafal,,

bukan seperti itu..

tapi, bergerak disini berarti ketika Anda menghafal maka salah satu anggota tubuh Anda itu bergerak, jangan sampai ketika Anda menghafal, anggota tubuh Anda itu tidak bergerak..

Kenapa?

Karena gini, ketika Anda menghafal kemudian salah satu anggota tubuh Anda tidak bergerak maka semakin lama Anda menghafal otak Anda akan semakin tertidur..

kenapa otak tidur? ya karena tadi, anggota tubuh Anda tidak ada yang bergerak..

Namun ketika Anda menghafal kemudian salah satu anggota tubuh Anda bergerak maka kecepatan menghafal/mengingatnya itu akan semakin baik..

Jadi ketika Anda menghafal itu akan lebih efektif jika salah satu anggota tubuh Anda bergerak namun tidak semua anggota tubuh.. 

Lalu seperti apa gerakannya?

Gerakkan yang saya anjurkan adalah dengan mengangguk-anggukkan badan Anda atau menggeleng-gelengkan kepala Anda.. kurang lebih seperti ini :



7. Menggunakan teknik mengulang

Teknik ini merupakan teknik yang biasanya saya terapkan ketika menghafal sesuatu..

Teknik ini memungkinkan hafalan yang melekat pada otak Anda itu akan lebih lama, sehingga nantinya Anda itu tidak mudah lupa terhadap hafalan tersebut..

Cara menggunakan teknik ini yaitu dengan membaca kalimat yang akan dihafal secara berulang-ulang, namun semisalkan Anda akan menghafal suatu naskah, maka cara menghafalnya dengan membacanya per baris atau per kalimat secara berulang-ulang..

saya sarankan minimal pengulangannya itu 15x hingga Anda benar-benar hafal 1 kalimat itu, jangan berpindah ke kalimat atau baris lain jika kalimat atau baris sebelumnya belum Anda hafal..

contoh Anda akan menghafal suatu puisi, seperti ini :

( Sumber tertera )


Nah, cara menghafal puisi tersebut dengan mengulang baris pertamanya terlebih dahulu yaitu " Ibuku.. ".. ulang terus baris pertama puisi tersebut hingga Anda benar-benar menghafalnya..

Baru kemudian, Anda pindah ke baris kedua setelah baris pertama berhasil Anda hafal.. begitu juga seterusnya.

seperti itu..

Oh iya, jangan lupa hafalkan judulnya..

8. Menggunakan teknik mnemonic : kata kunci

Apa itu mnemonic ?

Mnemonic merupakan suatu strategi atau teknik yang dipelajari untuk membantu kinerja ingatan yang dapat dioptimalkan dengan latihan.

Teknik mnemonic kata kunci ini menggunakan kata kunci dari setiap poin yang akan dihafal, sehingga bisa memudahkan Anda dalam mengingat atau menghafal sesuatu.

Misalnya Anda akan menghafal tentang tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa(PBB)  :



Agar Anda bisa lebih mudah menghafal tujuan PBB, maka ambillah kata kunci dari masing-masing poin tersebut yaitu Perdamaian, Persaudaraan, Kerja Sama dan Pusat Usaha.

Nah dengan menghafal setiap kata kunci dari masing-masing poin tersebut, bisa memudahkan Anda dalam menghafal tujuan dari PBB secara keseluruhan.


9. Menggunakan teknik mnemonic : pemotongan

Teknik pemotongan bekerja dengan baik ketika Anda menghafal item-item yang terdiri dari item-item kecil dalam urutan yang masuk akal.

Contohnya ketika Anda akan menghafal nomor handphone teman Anda atau nomor handphone Anda sendiri, Anda mungkin pernah melihat cara penulisan yang seperti ini :

0892 - 2173 - 0921

Nah, mengingat atau menghafal dengan cara seperti itu akan lebih mudah jika dibandingkan dengan menghafal dengan angka yang kompleks, seperti ini :

089221730921

10. Menggunakan teknik mnemonic : penghubungan (berkait)

Teknik ini bisa dibilang kebalikan dari teknik kata kunci, dimana Anda akan merubah kata kunci menjadi sebuah kalimat.

misalnya, Anda akan menghafal 10 kata kunci yaitu,  Rusia, Amerika, Gajah, Pelawak, Api, Taj Mahal, Mesir, Hitam, Matahari, Laut. Nah, Anda bisa menggunakan teknik berkaitan ini..

sehingga hasilnya seperti ini :



Dari contoh diatas, terlihat bahwa ide yang satu dengan ide yang lainya akan saling berkait layaknya rantai.

11. Menggunakan teknik mnemonic : Akronim dan Akrostik

Anda tau apa itu akronim ?

Akronim merupakan teknik memendekkan yang berupa gabungan huruf atau suku kata yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar.

lebih sederhananya akronim itu bisa dibilang teknik menyingkat kalimat(singkatan)..

Contoh teknik akronim ini adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dan juga masih banyak teknik akronim lain yang tidak disebutkan.

Metode ini cukup baik untuk menghafal informasi yang tidak banyak membutuhkan pemahaman yang rumit, misalnya menghafalkan runtutan kejadian suatu peristiwa dan tempatnya.

Kalau akrostik, apa Anda tau?

Jadi akrostik itu merupakan teknik yang menggunakan huruf awal setiap kata dari suatu kelompok kata..

misalnya kata yang sudah sering kita dengar yaiut "MeJiKuHiBiNiU" yang berarti Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu dan juga ada semboyan Jakarta yaitu "Teguh Beriman" yang berarti Teruskan Gerakan Untuk Hidup Bersih dan Aman.

Sama halnya dengan teknik akronim, teknik ini juga akan memudahkan Anda dalam menghafal informasi yang tidak terlalu rumit.

12. Menghafal menggunakan otak kanan

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana cara untuk melakukannya?

sebelum itu, perlu Anda ketahui bahwa kebanyakan dari kita itu sering menghafal menggunakan otak kiri, alhasil sesuatu yang kita hafal itu tidak bisa bertahan lama(cepet lupa)

kenapa hal ini bisa terjadi? karena gini, otak kiri yang kita gunakan untuk menghafal itu tidak bisa menyimpan sesuatu dalam jangka waktu yang cukup lama..

Nah, yang bisa menyimpan sesuatu dalam jangka waktu yang cukup lama itu adalah otak kanan..

Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa menghafal menggunakan otak kanan?

Jadi begini, pada dasarnya otak kanan itu merupakan gudangnya seni, gudangnya imajinasi dan kreatifitas. jadi jika Anda ingin hafal sesuatu secara cepat, ya Anda harus membuat sesuatu yang Anda hafal itu menjadi sebuah seni atau membuat sesuatu yang berkaitan dengan seni.

 Nah, untuk membuat sesuatu yang kita hafal itu menjadi seni, kita bisa melakukannya dengan cara-cara ini:

Dengan  Menjadikan sebuah lagu

Anda pernahkan mendengarkan sebuah lagu yang Anda sukai kemudian Anda ikut menyanyikan lagu tersebut?

saking seringnya Anda mendengakan dan menyanyikan lagu tersebut sampai-sampai Anda tidak sadar bahwa Anda telah menghafal lagu tersebut,,

pernah mengalami? saya yakin Anda pernah mengalaminya..

Nah, kira-kira seperti itulah caranya merubah hafalan menjadi sebuah lagu,, Anda hanya perlu menyusun kata-katanya menjadi sebuah lagu dan nadanya menyesuaikan dengan lagu yang Anda sukai..

Nah ketika Anda menyanyikannya, itu Anda akan cepat hafal dengan kata-kata yang Anda susun itu..

Selain dengan menjadikannya sebuah lagu, Anda juga bisa mengubahnya menjadi gambar atau merubahnya dengan seni lain yang Anda kuasai.

13.  Memanfaatkan alat bantu berupa rekaman

Sekarang ini alat rekaman bisa Anda temui pada beberapa alat, misalnya smartphone, jadi Anda tidak perlu lagi membeli alat perekam suara karena Anda bisa menggunakannya melalui smartphone..

lalu bagaimana cara memanfaatkanya?

ya tinggal Anda rekam saja..

lebih lengkapnya gini,

misalkan Anda akan menghafal sebuah puisi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membaca puisi tersebut sambil direkam..

kemudian tinggal Anda dengarkan saja rekaman puisi tersebut hingga Anda benar-benar menghafalnya..

simple bukan?

14. Memanfaatkan alat bantu berupa sticky notes

Untuk mendapatkan sticky note Anda bisa membelinya ditoko-toko terdekat dengan harga yang terjangkau, sticky note ini mempunyai banyak varian warna, silahkan Anda siapkan 3-4 sticky note dengan warna yang berbeda-beda.

Untuk cara pemanfaatannya, apa yang Anda hafalkan, Anda tulis kembali pada lembaran-lembaran sticky note tadi. gunakanlah kode warna yang berbeda untuk membedakan subjek yang Anda hafalkan.

Contohnya Anda telah berhasil menghafal puisi "ibuku" seperti diatas tadi..

kemudian Anda buat 3 bagian dari puisi tersebut dan setiap bagian Anda tulis pada sticky note dengan warna yang berbeda, sehingga nanti hasilnya seperti ini :



Teknik ini sangat efektif dan bisa menguatkan hafalan Anda, sehingga sesuatu yang Anda hafal itu menjadi lebih kuat lagi.

15. Istirahat yang cukup

Apa Anda heran?

Istirahat yang cukup disini bukan istirahat ketika Anda belum mulai menghafal, tapi istirahat disini berarti, ketika Anda dalam proses menghafal, maka jangan terus-terusan menghafal dalam sekali waktu, melainkan berikan "jeda" ketika Anda menghafal.

bingung?

misalnya gini, Anda akan menghafal sesuatu dalam waktu 3 jam, nah selama 3 jam itu Anda jangan terus-terusan menghafal, berikan waktu sekitar 10-15 mnt untuk digunakan sebagai waktu istirahat Anda.

Jadi selama proses menghafal, luangkan sedikit waktu untuk istirahat..

Nah itu dia, proses-proses yang bisa Anda gunakan untuk menghafal sesuatu, nah sekarang kita masuk ke bagian, bagaimana caranya supaya kita bisa mengingat hafalan tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama?

Lanjutt bacanya,, semangat ya..
nb : nomor urutnya masih lanjut ya..

16. Tulis kembali apa yang dihafal

Caranya masih sama seperti poin ke-14, hanya saja Anda bebas menggunakan media apa saja baik itu sticky note, kertas biasa atau dimedia lainya, Anda bebas menetukannya yang penting Anda harus menulis..

Hal ini dilakukan supaya apa yang kita hafalkan itu akan menjadi kuat melekat pada otak Anda, sehingga Anda tidak mudah lupa dengan apa yang Anda hafal itu.

jika Anda ingin apa yang dihafal itu bisa tahan lama, maka rajin-rajinlah menulis kembali apa yang Anda hafal, kalau memungkinkan Anda tulis setiap hari jika tidak ya seminggu sekali.

17.  Memory sport




Sebagaimana halnya otot manusia yang bisa dilatih, demikian pula dengan otak.

Ketika Anda rajin melatih otot tubuh, tentu saja otot tubuh Anda itu akan menjadi kuat. demikian juga dengan otak Anda, semakin Anda rajin melatih dan mengasah informasi yang masuk ke otak, maka hal tersebut akan membuat otak Anda menjadi terbiasa.

Lalu bagaimana caranya?

Salah satu cara termudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk melatih otak Anda adalah dengan mengisi TTS (Teka-Teki Silang) secara rutin.

dengan mengisi TTS, secara tidak langsung otak Anda akan menjadi terlatih untuk dapat mengolah kata-kata sambil memperkuat daya ingat otak Anda.

18.  Share kepada orang lain

Jika Anda ingin apa yang ada didalam otak Anda bisa lebih lama, maka berbagilah apa yang Anda ingat itu kepada orang lain, maka hal tersebut akan membuat apa yang Anda hafal itu akan semakin melekat kuat di otak Anda.

Saat Anda berbagi kepada orang lain, otak akan memanggil dan menggunakan kembali informasi yang ada di pikiran Anda, dengan begitu informasi tersebut akan bisa lebih lama di otak Anda.

Sering-seringlah berbagi apa yang Anda hafal itu kepada  teman Anda, sahabat Anda,  saudara Anda, atau orang yang tidak Anda kenal sekalipun, dengan catatan apa yang Anda bagi itu bermanfaat untuk mereka dalam artian bernilai positif.

19. Cintai ilmu itu dan siapa yang menyampaikannya

Apa terlihat aneh?

Sebenarnya manusia itu memiliki metode menghafal sendiri(otodidak)..

Nah dengan mencintai ilmu yang dihafal tersebut Anda akan merasa mudah untuk menghafal sesuatu sekalipun Anda tidak menggunakan teknik-teknik yang saya sebutkan diatas.

Dan dengan mencintai siapa yang menyampaikanya, Anda akan mudah menerima apa yang orang tersebut sampaikan kepada Anda.

intinya gini..
Jika Anda bahagia, maka otak Anda akan ikut bahagia dan jika otak Anda bahagia, Anda akan mudah menerima apa yang disampaikan orang lain kepada Anda dan Anda akan mudah dalam mengingat sesuatu.

20. Merasa bodoh (rendah hati)

Jika Anda sudah berhasil menghafal sesuatu, maka jangan sekali-kali Anda menyombongkan diri akan keberhasilan Anda itu.

Jangan sekali-kali Anda merasa bahwa Anda sudah pintar, kenapa demikian? karena jiwa yang sudah merasa pintar akan selalu mengabaikan apa yang disampaikan orang lain kepadanya.

dengan merasa bodoh Anda akan lebih mudah dalam menerima informasi dari orang lain, tetapi jangan berlebihan,,

karena Anda ingin dianggap "merasa bodoh", Anda jadi tidak mau membagikan apa yang Anda punya itu kepada orang lain, padahal orang tersebut membutuhkan bantuan Anda.


Oke, itulah tips menghafal dari saya, silahkan Anda terapkan teknik-teknik yang sudah saya bagikan kepada Anda namun pilihlah teknik yang Anda rasa cocok dengan kriteria Anda.

Jika teknik-teknik tersebut bermanfaat untuk Anda, silahkan Anda bagikan ke teman-teman Anda, sahabat Anda, Saudara Anda atau siapapun yang mempunyai masalah dalam menghafal sesuatu.

Dan jika Anda punya tips menghafal yang lain, yang belum disebutkan seperti diatas, mohon agar Anda memasukkannya dalam komentar dibawah ini agar bisa bermanfaat untuk saya pribadi dan pembaca lain.

Terima kasih sudah mampir ke blog pucut, silahkan Anda mampir-mampir dulu ke artikel saya yang lain..

See You Next Time...

Arigatou Gozaimasu
Newest
Previous
Next Post »