7 Tips Ampuh Lulus Interview Kerja di Perusahaan yang Kamu Impikan



Pucut- Bekerja merupakan suatu hal yang banyak diinginkan oleh banyak orang karena dengan bekerja seseorang dapat membiayai hidupnya sendiri, sanak keluarga maupun orang lain.

Namun ada saja yang menjadi penghambat ketika kita akan bekerja, baik itu faktor internal, persaingan yang sengit maupun hambatan lainnya.

Di Indonesia saja, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak itu sangat tinggi, sehingga banyak dari penduduk di Indonesia yang menganggur dan ada juga dari mereka yang pergi ke luar negeri untuk bekerja baik itu sebagai tkw(Tenaga Kerja Wanita) maupun pekerjaan lainnya.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk berbagi tips supaya kita diterima kerja di suatu perusahaan yang kita impikan, nah tips ini berasal dari seseorang yang sudah diterima pada suatu perusahaan. Jadi, Insyaa Allah tips kali ini manjur.

Namun pada kali ini admin hanya akan bebagi mengenai tips supaya kita lulus tes wawancara..

Nah sob, banyak diantara mereka yang gagal pada tahap ini ketika melamar suatu pekerjaan, dimana kebanyakan penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan akan suatu perusahaan yang mereka lamar maupun kurangnya persiapan mereka akan menghadapi tahap interview tersebut.

Jadi, sebelum kita melakukan atau menghadapi interview ini ada baiknya sobat perhatikan hal-hal berikut ini supaya kita bisa melengkapi kekurangan yang kita miliki pada saat interview, apa saja?, simak selengkapnya :

#1. Browsing dulu mengenai perusahaan yang di lamar

Poin yang pertama harus sobat lakukan sebelum menghadapi tes interview adalah sobat harus browsing dulu mengenai perusahaan yang sobat lamar.

jangan sampai sobat tidak tau perusahaan yang sobat lamar itu bergerak dibidang apa? sudah berapa lama? dan lain sebagainya

Cari semua informasi sedetail apapun mengenai perusahaan yang sobat lamar, kemudian sobat ingat baik-baik nantinya hal tersebut akan menjadi bahan sobat ketika interview nanti.

#2. Siapkan jawaban yang powerful

Poin yang kedua yaitu sobat harus buat jawaban dari kemungkinan pertanyaan yang biasa atau umum dipertanyakan ketika wawancara. Apa aja pertanyaannya? berikut ini admin sudah kumpulkan kemungkinan dari pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan ketika wawanacara :


Jadi, siapkan dulu jawaban yang powerful, yang berbobot supaya nanti ketika wawancara sobat bisa kasih jawaban yang mantep.

#3. Buang mindset negatif (berfikir secara positif)

Poin ketiga adalah sobat harus buang jauh-jauh mindset negatif yang ada pada pikiran sobat dan sobat harus berfikir positif terhadap diri sendiri maupun perusahaan yang sobat lamar.

Jangan berfikiran sepert ini :
kayanya nyari kerjaan susah deh, 
aduh kayanya gak mungkin deh bakal keterima di perusahaan itu,
Nah mindset seperti itu harus sobat buang jauh-jauh dari pikiran sobat supaya sobat bisa tampil powerful ketika interview nanti.

Selain itu sobat juga perlu memotivasi diri sendiri dengan kata-kata yang membuat sobat bersemangat, sobat harus selalu optimis dengan apa yang sobat impikan.

Nah, kini sobat sudah mengetahui hal-hal yang perlu sobat lakukan sebelum interview, sekarang kita munuju ke proses iterviewnya :

#1. Penampilan

Penampilan  adalah segalanya, jadi pastikan sobat berpakaian dengan rapih dan pastikan sobat harus wangi.

Pakai parfum sebanyak-banyaknya tapi jangan ditumpahin ke tubuh kamu ya sob,, Intinya pakai parfum secukupnya sehingga orang lain akan nyaman ketika ketemu sobat dari segi penampilan dan akan nyaman ketika berada di dekat sobat.

#2. Sopan santun

Poin kedua adalah sopan santun, dalam interview sopan santun merupakan hal sangat penting ketika kamu melamar pekerjaan.

Diluar dari penampilan sopan santun juga menjadi poin utama, kenapa? karena sobat dinilai ketika sobat maju, ketika masuk, bahkan ketika berbicarapun itu semuanya dinilai sopan santun sobat itu seperti apa?

Jadi pastikan sobat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar bukan bahasa-bahasa gaul 

#3. Cerita bukan curhat

Poin ketiga adalah cerita bukan curhat, apa bedanya? semisalkan sobat ditanya
Kemampuan apa yang kamu miliki?
jawab :
Kemampuan yang saya miliki adalah menulis, kenapa saya suka menulis? (berikan alasannya) karena ketika saya menulis saya bisa memberikan informasi dan manfaat kepada orang lain, sehingga mereka mendapatkan hal baru dari saya, dan pada saat itulah saya merasa senang.
Jadi sobat hanya perlu menganggap bahwa sobat sedang bercerita ke teman-teman sobat, jadi jangan tanya ceritanya kaya gimana?

Nah kalo curhat misalnya gini
Aduh pak, rumah saya jauh pak, saya keluarga miskin pak...
kurang lebih seperti itu, kalo curhat itu mengeluh kesahkan segala macam penderitaan dan beban hidup sobat kepada orang interview sobat, so jangan lakukan hal itu,,

# 4. Jangan menjanjikan sesuatu yang belum pasti

Promosikan diri sobat secara halus, tapi tidak mengiming-iming
Maksudnya gini, ketika sobat di interview sebenarnya orang yang menginterview sobat ingin melihat keunggulan yang ada dalam diri sobat.

Jangan mengiming-iming seperti ini
pak, kalo bapak pake saya dalam 2 bulan omset bapak akan naik 3 kali lipat
Nah hal semacam itulah yang namanya iming-iming, kalo nanti tidak terjadi gimana? so, promosikan diri sobat apa adanya sesuai dengan kemampuan dan keunggulan sobat tapi jangan berbohong ataupun lebay.


Nah sob, disamping itu ada 1 kesalahan yang biasanya dilakukan oleh setiap pelamar kerja yang perlu sobat ketahui, yaitu
Sobat mau digaji besar sementara sobat belum mempunyai pengalaman
itu adalah permasalahan terbesar yang biasanya sering dilakukan oleh pelamar kerja, sobat baru lulus kuliah, baru lulus kerja, sobat belum punya pengalaman

orang tidak akan membayar sobat karena gelar yang sobat punya, tapi orang bayar sobat dari pengalaman, jasa, karya yang sobat hasilkan dan itulah yang akan dibayar mahal, jadi bukan sekedar ijazah aja.

ijazah sangat membantu sobat untuk melamar pekerjaan tapi ijazah tidak menjamin kamu untuk terus bertahan didalam pekerjaan tersebut.

so, jangan sampai sobat lakukan kesalahan ini ya,,

oke sob, itulah tips wawancara kerja, semoga bermanfaat dan semoga dapat menambah wawasan sobat,

apabila artikel ini bermanfaat silahkan sobat bagikan di akun sosial media sobat,, dan juga silahkan sobat masukkan nama tempat kerja sobat dikolom komentar apabila sobat berhasil melewati tes wawancara dengan memakai tips dari blog ini,,

oke terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa mampir lagi ta sob,,

Arigatou Gozaimasu





Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
24 March 2018 at 11:02 ×

Intinya jangan bertele tele dan jaga sikap kan? serta bisa menjelaskan dengan detail tapi singkat dan jelas

Reply
avatar