Apa Itu Bitcoin? Untuk apa? dan Siapakah yang menemukannya?


Pucut - Oke guys pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari mengenai Cryptocurrency yang merupakan mata uang kripto dan kali ini kita akan membahas mata uang yang termasuk kripto yaitu Bitcoin, jadi pada pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya. Oke langsung simak penjelasannya guys,,

Apa itu Bitcoin?

Pernahkah sobat mendengar kata Bitcoin? Dalam penjelasan yang sederhana bitcoin merupakan mata uang digital yang terdesentralisasi.

Di lansir dalam Bitcoin.org, sebenarnya bitcoin adalah
Uang elektronik yang menggunakan teknologi peer-to-peer untuk beroperasi, tanpa otoritas pusat atau bank sentral, pengelolaan transaksi dan penerbitan bitcoin dilakukan secara kolektif oleh jaringan.

Nah sob, bitcoin ini memiliki sifat-sifat  unik yang memungkinkan cara-cara penggunaan yang tidak bisa dilakukan oleh sistem pembayaran lain sebelumnya, sifat-sifat tersebut yaitu :

  • Sumbernya itu Terbuka
  • Rancangannya bersifat umum
  • Tidak ada seorang yang menjadi pemilik dan mengendalikan bitcoin
  • Semua orang dapat mengambil bagian
Nah, dari sifat-sifat tersebut kita bisa mengetahui bahwa bitcoin itu bisa diakses oleh siapa saja dimana tidak ada orang atau lembaga instansi satupun yang memiliki dan mengendalikan bitcoin tersebut serta setiap orang berkesempatan untuk menggunakannya.

Untuk apa?

Dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa bitcoin itu dapat kita digunakan sebagai alat pembayaran (seperti rupiah) yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Siapakah yang menemukannya?

Menurut sobat bitcoin ini ditemukan oleh perseorangan? ataukah sekelompok orang?

Dilansir dalam bitcoin.org, bitcoin ditemukan oleh sekolompok orang yang disebut dengan nama Satoshi Nakamoto.

Sistem bitcoin yang dirancang oleh Satoshi ini bersifat Open Manner, Artinya kode pemrograman tersebut dapat dilihat dan diperiksa oleh siapa saja di dunia ini.

Jadi, tidak ada rahasia yang tersembunyi dan penciptanya tidak memiliki konflik kepentingan.

Nah jika sobat baru mengenal dan akan menjelajahi bitcoin, ada beberapa hal yang harus sobat ketahui tentang bitcoin yaitu

#Mengamankan Dompet Sobat

Nah, Bitcoin ini bisa memungkinkan sobat untuk melakukan transfer ke mana saja dengan cara yang sangat mudah serta memungkinkan untuk mengendalikan uang sobat. Bitcoin ini memiliki fitur hebat yang menyediakan tingkat keamanan yang tinggi Jika digunakan secara benar. 

Jadi sobat tidak perlu khawatir lagi akan keamanan dari bitcoin itu sendiri.

#Harga Bitcoin Mudah Berubah

Harga Bitcoin dapat naik atau turun secara tak terduga selama periode waktu yang singkat, penyebabnya adalah ekonomi yang masih muda, baru, dan pasar yang terkadang tidak cair. contohnya saja Di Indonesia, harga Bitcoin(BTC) pada hari dimana artikel ini dibuat senilai dengan Rp.128.598.000,- (seratus dua puluh delapan juta lima ratus sembilan puluh delapan ribu rupiah), sekarang sobat cek berapa 1 Bitcoin(BTC) pada saat sobat membaca artikel ini? naik ataukah turun?

#Pembayaran Bitcoin tidak bisa dibatalkan

Setiap transaksi yang sobat lakukan menggunakan Bitcoin itu tidak dapat dibatalkan, dana tersebut hanya bisa dikembalikan oleh penerima dana tersebut. Itu berarti, sobat harus berhati-hati ketika melakukan bisnis, dan melakukannya hanya dengan orang atau organisasi yang sobat ketahui dan percayai, atau mereka yang telah memiliki reputasi yang baik.

#Bitcoin tidak Anonim

Diperlukan beberapa usaha untuk melindungi privasi sobat dengan Bitcoin. Semua transaksi Bitcoin disimpan secara umum dan permanen pada jaringan, yang berarti siapapun dapat melihat saldo dan transaksi dari alamat Bitcoin siapapun. Bagaimanapun juga, identitas pemilik alamat tetap dirahasiakan, baru kemudian diberitahukan saat dilakukan pembelian atau dalam situasi lainnya.

#Transaksi instan kurang aman

Transaksi Bitcoin biasanya dilaksanakan dalam beberapa detik dan akan mulai dikonfirmasi dalam 10 menit berikutnya. Selama waktu itu, sebuah transaksi yang dianggap otentik tetap dapat dibatalkan.  Jika sobat tidak dapat menunggu hingga dikonfirmasi, sobat dapat meningkatkan keamanan dengan meminta biaya transaksi yang kecil atau menggunakan sistem pendeteksi transaksi yang tidak aman.

#Bitcoin masih bersifat uji coba

Bitcoin adalah uji coba mata uang baru yang masih dalam pengembangan aktif. Meskipun seiring waktu dan bertambahnya penggunaan Bitcoin menjadi semakin matang, perlu diingat bahwa Bitcoin adalah penemuan baru yang menjelajahi ide yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dengan demikian, masa depan Bitcoin tidak bisa diprediksi oleh siapapun.

#Pajak pemerintah dan peraturan-peraturan

Bitcoin bukanlah mata uang resmi. Artinya, sebagian besar negara masih meminta sobat untuk membayar pajak pendapatan, penjualan, penggajian, dan pajak keuntungan modal atas apapun yang memiliki nilai termasuk bitcoin.


Oke guys, sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan jika bermanfaat silahkan sobat share ke akun sosial media sobat. Dan jangan lupa untuk berkunjung lagi ke blog pucut,,

Arigatou Gozaimasu

sumber referensi : bitcoin.org
sumber gambar : https://goo.gl/bRcVPw
Previous
Next Post »