Apa itu cryptocurrency? Simak Selengkapnya!!


Pucut -  Hallo guys, apa kabar? semoga sobat baik-baik saja ya,, Nah guys pada artikel kali ini admin mau share sedikit pengetahuan mengenai cryptocurrency.

Apa itu cryptocurrency? secara umum cryptocurrency merupakan mata uang digital. Dilansir pada laman wikipedia cryptocurrency(mata uang kripto) adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksinya, untuk mengendalikan pembuatan unit tambahan, dan untuk memverifikasi pengalihan aset.

Jadi Cryptocurrencies adalah jenis mata uang digital, mata uang alternatif dan mata uang virtual. Cryptocurrencies menggunakan kontrol terdesentralisasi sebagai lawan dari uang elektronik terpusat dan sistem perbankan sentral. Kontrol terdesentralisasi dari masing-masing cryptocurrency bekerja melalui blockchain, yang merupakan database transaksi publik, berfungsi sebagai buku besar terdistribusi. Bitcoin, yang diciptakan pada tahun 2009, adalah kripto yang terdesentralisasi pertama. Sejak itu, banyak kripto yang lain telah diciptakan. Ini sering disebut altcoins, sebagai campuran koin alternatif.

Menurut Jan Lansky, cryptocurrency memenuhi enam kondisi yaitu sebagai berikut

1. Sistem tidak memerlukan otoritas pusat, didistribusikan mencapai konsensus mengenai keadaannya.

2. Sistem ini menyimpan gambaran umum tentang unit kriptokokus dan kepemilikan mereka.

3.Sistem ini mendefinisikan apakah unit kriptocurrency baru dapat dibuat. Jika unit kriptocurrency baru dapat dibuat, sistem menentukan keadaan asal mereka dan bagaimana menentukan kepemilikan unit baru ini.

4. Kepemilikan unit kriptokokus dapat dibuktikan secara eksklusif secara kriptografis.

5. Sistem ini memungkinkan transaksi dilakukan dimana kepemilikan unit kriptografi diubah. Pernyataan transaksi hanya dapat dikeluarkan oleh entitas yang membuktikan kepemilikan unit ini saat ini.

6. Jika dua instruksi yang berbeda untuk mengubah kepemilikan unit kriptografi yang sama secara bersamaan masuk, sistem akan melakukan paling banyak satu di antaranya.

Nah guys, dalam cryptocurrency ini  ada beberapa arsitektur yaitu :

Blockchain

Blockchain merupakan daftar catatan yang terus berkembang, yang disebut blok, yang dihubungkan dan diamankan menggunakan kriptografi. Nah, fungsinya itu sebagai buku besar yang terdistribusi.

Timestamping

Cryptocurrencies menggunakan berbagai skema timestamping untuk menghindari kebutuhan pihak ketiga yang terpercaya terhadap transaksi timestamp yang ditambahkan ke buku besar blockchain.


Mining(Penambangan)

Dalam jaringan kripto-kurrensial, penambangan merupakan validasi transaksi. Untuk usaha ini, para penambang yang sukses mendapatkan kripto yang baru sebagai hadiah. Imbalan tersebut menurunkan biaya transaksi dengan menciptakan insentif pelengkap untuk berkontribusi pada kekuatan pemrosesan jaringan. Tingkat penghasil hash, yang memvalidasi transaksi apapun, telah meningkat dengan menggunakan mesin khusus seperti FPGAs dan ASIC yang menjalankan algoritma hashing yang kompleks seperti SHA-256 dan Scrypt.

Wallet

Wallet cryptocurrency menyimpan "kunci" pribadi dan atau "alamat" yang dapat digunakan untuk menerima atau menghabiskan kripto.

Anonimitas

Cryptocurrency lebih pseudonim daripada anonim karena kripto di dompet tidak terikat pada orang, melainkan pada satu atau beberapa kunci spesifik (atau "alamat"). Dengan demikian, pemilik kriptocurrency tidak dapat dikenali, namun semua transaksi tersedia untuk umum di blockchain. Namun, pertukaran kripto-kardiak sering diminta oleh undang-undang untuk mengumpulkan informasi pribadi pengguna mereka.


Beberapa mata uang digital yaitu Bitcoin(Btc), Dogecoin(Doge), Litecoin(Ltc), Ethereum dan masih banyak yang lainnya. Tapi, sobat tau gak, diantara mata uang tersebut mana yang paling mahal? jawabannya adalah Bitcoin, 1 Btc ini guys dihargai dengan uang 100++ juta guys(kalo dalam rupiahnya). 

Tapi guys, buat ngedapetin 1 btc itu gak mudah loh guys, butuh waktu berbulan-bulan bahkan sampai tahunan jika kita mengumpulkannya secara gratis, tapi tenang aja guys, insyaa allah diartikel yang akan datang admin akan share caranya membuat akun bitcoin dan cara menambangnya. jadi pantau terus blog pucut ini guys dan dapatkan pengetahuan dan info menarik lainnya.

oke guys, itulah sedikit pengetahuan mengenai cryptocurrency. semoga bermanfaat dan jangan lupa mampir laginya guys...


Arigatou Gozaimasu
Previous
Next Post »